Laman

Sabtu, 18 Mei 2013

makalah pemikiran galileo dan newton terhadap teori geosentris dan heliosentris



Kata Pengantar
Segala puja dan puji syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang maha Esa karna dengan Ilmunya yang diberikan kepada kita dan atas dizinkannya kita untuk menerima ilmu tersebut, yaitu Ilmu Alamiah Dasar ini dapat kita sajikan makalah ini untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Alamiah Dasar dibawa bimbingan Ibu Nur’Aini, M.Si.
Baik sadar atau tidak, setiap manusia tidak dapat melepaskan diri proses-proses yang berkaitan dengan Ilmu Alamiah Dasar. Kurangnya pengetahuan tentang Ilmu Alamiah Dasar, sebut saja misalnya hubungan penggunaan aspek-aspek alam dengan peremajaannya (manusia), dapat berakibat fatal.
Semoga makalah ini dapat memenuhi misinya dalam memberikan wawasan sehingga kita semua dapat mengetahui tentang pemikiran Galileo dan Newton terhadap teori Geosentris dan Heliosentris.
Kami sadar makalah ini belum sempurna sesuai dengan sifat ilmu yang selalu berkembang. Kritik dan saran yang membangun selalu kami terima dengan tangan terbuka. Dan kami berharap semoga makalah diterima dengan tangan terbuka.

Malang, Oktober 2012

Penulis





Daftar Isi

Kata Pengantar ....................................................................................................... 1

Daftar Isi ................................................................................................................ 2

Pendahuluan .......................................................................................................... 3

Pembahasan Materi ............................................................................................... 4

Kesimpulan dan Penutup ....................................................................................... 7










Pendahuluan
1.1  Latar Belakang

Ilmu Alamiah Dasar merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk dengan tata surya sehingga terbentuk konsep dan prinsip.

Dalam hai ini penulis akan membahas tentang pemikiran Galileo dan Newton terhadap teori Geosentris dan Heliosentris.

1.2  Rumusan Masalah
a. Apa pendapat Galileo terhadap teori Geosentris dan Heliosentris ?
b. Apa pendapat Newton terhadap teori Geosentris dan Heliosentris ?

1.3  Tujuan Penulisan
Agar pembaca dapat mengetahui pemikiran Galileo dan Newton terhadap teori Geosentris dan Heliosentris.













Pembahasan Materi
1.      Pemikiran Galileo terhadap teori Geosentris dan Heliosentris.
Galileo Galilei dilahirkan pada tahun 1564 dikota Pisa di-Italia. Ia adalah anak seorrang ahli matematika dan musisi di pisa, tumbuh menjadi seorang laki-laki yang suka berkelahi dan pemarahyang siap menciptakan musuh, karna posisi filosofinya yang tidak konfesional dan pribadinya yang bersemangat.
Pada 1609, dipengaruhi oleh pengetahuan baru teleskop di Belanda, ia berminat pada bidang astronomi. Ia tiba-tiba membuat sebuah teleskom sendiri dengan  kekuatan yang lebih besar dari pada model belanda dan yang pertamanya mengunakannya untuk mempelajari ruang angkasa. Ia menemukan, hal-hal lainnya, bulan-bulan jupiter yang terbesar dan memberi perhitungan yang terperinci mengenai pergerakan mereka sebagai satelit yang mengelilingi planet yang sangat besar itu.
Meskipun Galileo tidak percaya bahwa orbit planet-planet itu berbentuk elips seperti yang diutarakan oleh Johannes Kepler yang sejaman dengnanya, pengamatan astronominya meyakinkan dirinya bahwa sistem heliosentris yang ditawarkan oleh Nicolaus Copernicus, yang telah meninggal 21 tahun sebelum galileo lahir, adalah benar. Ia mengumumkan ini secara luas sampai gereja menyatakan bahwa sistem ini bersifat bidah dan pada 1616 memerintahnya untuk meninggalkannya. Namun setelah kardinal Barberini menjadi paus urban VIII, galileo memperoleh ijin untuk  menyajikan sebuah gambaran yang tidak memihak mengenai kedua sisitem yaitu geosentris ptolemaic dan heliosentris copernican yang mengantarnya mempublikasikan bukunya “dialog mengenai dua sistem dunia utama”. Karena ia menggunakan pengamatan dirinya sendiri untuk untuk mendukung Copernicus, bukunya ini menjadi memihak, dan segera dilarang oleh pihak gereja.
Pada musim dingin tahun 1633 ia dipanggil ke-Roma untuk menghadapi komite inkuisisi dari gereja Katolik Roma. Dan diperintahkan oleh inkuisi untuk menghadap pengadilan karena bidah (pelanggaran yang sebenarnya adalah ketidakpatuhan). Setelah ditahan dan dibentak-bentak selama berbulan-bulan pada tanggal 22 Juni 1933 ia diajukan kepengadilan. Waktu itu umurnya sudah 70 tahun dan sakit-sakitan. Dalam keadaan tua, sakit dan letih ia bersedia menarik kembali dukung annya kepada teori Copernicus sambil berlutut. Ia tidak jadi dihukum mati tetapi dikenakan tahanan rumah. Pada tahun 1642 Galileo meninggal dunia dalam status tahanan rumah. Pada tahun yang sama lahir Isaac Newton. Hukuman gereja terhadap penemuan astronomi Galileo akhirnya dinyatakan sebagai kesalahan oleh Paus John Paul II 1992.
Astronomi abad ke 20 terus berkembang. Pengamatan-pengamatan terhadap benda- benda dilangit makin lama makin bertambah. Teori Heliosentris dari Copernicus pada abad ke-16 pun telah direvisi orang beberapa kali. Copernicus berpendapat bahwa matahari adalah pusat alam semesta. Bumi berputar pada sumbu bumi dan berputar mengelilingi matahari. Planet-planet juga berputar mengelilingi matahari. Bintang-bintang lebih jauh sedikit dari planet-planet terhadap matahari dan tetap ditempatnya. Tetapi pengamatan lebih jauh menunjukkan bahwa memang untuk meramalkan gerakan planet-planet lebih mudah menggunakan teori Heliosentris daripada menggunakan teori Geosentris. Tetapi untuk menggambarkan gerakan bulan terhadap bumi, lebih mudah membayang kan bumi diam dan bulan yang berputar mengelilingi bumi. Belakangan diduga bahwa matahari hanya satu bintang dari miliaran bintang yang ada dalam suatu gugusan bintang yang juga disebut galaxy. Matahari samasekali bukan pusat dari bintang-bintang ini. Belakangan lagi diduga bahwa galaxy bukan hanya satu tetapi ada miliaran galaxy-galaxy.
            Galaxy dimana matahari menjadi salah anggotanya disebut juga galaxy Bima Sakti (Milky Way, Melk Weg). Belakangan lagi para astronomer menduga bahwa galaxy-galaxy yang diamati hanyalah satu gugusan galaxy-galaxy (cluster of galaxies). Ada banyak clusters of galaxies lain. Makin canggih teleskop yang dibuat orang, makin banyak didapati clus ters of galaxies ini. Alam semesta ini ternyata jauh lebih besar daripada yang pernah dibayangkan Copernicus atau Galileo. Dan kita belum sam pai pada akhir pengamatan. Setiap saat diamati hal-hal baru dalam dunia astronomi. Makin banyak kita tahu mengenai alam semesta ini, makin sadar kita akan yang kita belum tahu. Teori-teori baru dikemu kakan dan teori-teori lama bertumbangan.
2.      Pemikiran Newton terhadap teori Geosentris dan Heliosentris.
Di tahun kematian Galileo, Isaac Newton (1642-1727) dilahirkan. Bisa dikatakan Newton memberi dasar bagi pekerjaannya dan orang-orang sebelum dirinya terutama mengenai asal mula Tata Surya. Ia menyusun Hukum Gerak Newton dan kontribusi terbesarnya bagi Astronomi adalah Hukum Gravitasi yang membuktikan bahwa gaya antara dua benda sebanding dengan massa masing-masing objek dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda. Hukum Gravitasi Newton memberi penjelasan fisis bagi Hukum Kepler yang ditemukan sebelumnya berdasarkan hasil pengamatan. Hasil pekerjaannya dipublikasikan dalam Principia yang ia tulis selama 15 tahun.
Teori Newton menjadi dasar bagi berbagai teori pembentukan Tata Surya yang lahir kemudian, sampai dengan tahun 1960 termasuk didalamnya teori monistik dan teori dualistik. Teori monistik menyatakan bahwa matahari dan planet berasal dari materi yang sama. Sedangkan teori dualistik menyatakan matahari dan bumi berasal dari sumber materi yang berbeda dan terbetuk pada waktu yang berbeda.








Kesimpulan dan Penutup
Dari pembahasan-pembahasan sebelumnya, penulis perlu memberikan bebrapa catatan yang bisa dijadikan kesimpulan akhir. Yaitu, bahwa Galileo maupun Isaac Newton mendukung dengan adanya teori Heliosentris dan membantah teori Geosentris.





1 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih brooo...